Gejolak Politik AS Meningkat, Indeks Dolar Tetap di Kisaran Terendah dalam 13 Bulan

 

Best Profit - JAKARTA - Dolar AS bergerak di kisaran level terendah 13 bulan terakhir pada perdagangan Senin (24/7/2017) karena gejolak politik AS mengurangi ekspektasi percepatan agenda stimulus dan reformasi Presiden Donald Trump.

Indeks Dolar AS, yang melacak kekuatan greenback terhadap mata uang utama lainnya, terpantau menguat 0,05% atau 93,91 poin pada pukul 08.26 WIB setelah dibuka naik 0,1% di level 93.952.

Pada akhir perdagangan Jumat pekan lalu, idndeks dolar merosot 0,48% atau 0,448 poin ke level 93,858. Indeks sempat menyentuh level 93,847 yang merupakan level terendah sejak Juni 2016.

Seperti dilansir Reuters, Pemerintahan Presiden Trump, yang tidak bergeming oleh penyelidikan dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS, mendapat tekanan baru pada Jumat setelah juru bicara Gedung Putih Sean Spicer mengundurkan diri, menyoroti adanya pergolakan di dalam lingkaran dalam presiden.

"Agar dolar berkesempatan menguat kembali dalam waktu dekat, maka akan membutuhkan rebound imbal hasil obligasi AS," kata Junichi Ishikawa, analis valas senior di IG Securities, seperti dikutip Reuters.

"Situasi politik AS saat ini membebani imbal hasil. Jadi, kami memerlukan data ekonomi yang kuat untuk melepaskan imbal hasil dari level rendahnya," lanjutnya.

Patokan imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun mencapai level terendah dalam tiga pekan terakhir pada Jumat, sejalan dengan melemahnya bursa saham Wall Street yang memicu permintaan aset safe haven.

Sementara itu, dolar AS juga terpantau melemah 0,06% terhadap euro ke level US$1,167 per euro pada pukul 8.45 WIB setelah dibuka pada level US$1,1659.

Mata uang euro berada dalam tren bullish setelah mengetahui pasar menimbang sikap hawkish dari Gubernur Bank Sentral Eropa Mario Draghi dalam beberapa pekan terakhir.

Terhadap yen Jepang, dolar AS melemah 0,2% ke level 110,91 yen per dolar pada pukul 8.47 WIB. Best Profit, PT Bestprofit.

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.