Peserta BPJS Kesehatan, Ada 8 Posko Mudik Ini Saat Lelah

June 15, 2017

 

Konferensi pers 'Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan', di Jakarta, Kamis (15/06/2017). (Suara.com/Firsta Nodia)
Konferensi pers 'Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan', di Jakarta, Kamis (15/06/2017). 

BPJS Kesehatan menyiapkan 8 posko mudik untuk mencegah kelelahan pemudik.

 
  • Best Profit - Menempuh jarak yang jauh dengan kendaraan pribadi menuju kampung halaman memang sangat melelahkan. Kondisi kelelahan ini tentunya berbahaya jika dipaksakan untuk mengemudi kendaraan.

 

Menjawab kondisi itu, BPJS Kesehatan membuka Posko Mudik di delapan titik padat pemudik. Antara lain, Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten pada 21 hingga 24 Juni 2017 mendatang.

Kepala Grup Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Budi Mohamad Arief mengungkapkan, nantinya di posko mudik ini para pemudik bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke kampung halaman. Selain itu, posko mudik inipun menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

"Nantinya posko tersebut juga dilengkapi dengan petugas kesehatan untuk memeriksa keluhan pemudik, dan dapat memberikan tindakan sederhana yang sifatnya emergency. Bila perlu dokter di posko juga bisa memberikan rujukan ke fasilitas kesehatan terdekat," ujar Budi dalam konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, di Jakarta, Kamis (15/06/2017).

 

Lebih lanjut, dia memaparkan, fasilitas yang disediakan posko mudik BPJS Kesehatan nantinya boleh dimanfaatkan semua pemudik tak terbatas peserta JKN-KIS saja. Bahkan, pemudik yang belum mendaftar menjadi peserta dan ingin memperoleh informasi terkait kepesertaan BPJS juga bisa bertanya langsung pada petugas di posko mudik tersebut.

Dalam kesempatan sama, Kepala Grup Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan, Fachrurrazi mengatakan, pihaknya melayani konsultasi dan pertanyaan dari masyarakat melalui care centre 1500-400 selama 24 jam saat mudik lebaran. Ada delapan dokter yang ditugaskan untuk menjawab konsultasi pemudik melalui layanan telepon tersebut jika sewaktu-waktu tak sempat mengunjungi fasilitas kesehatan.

"Kami ingatkan pula jangan lupa membawa kartu JKN-KIS saat mudik. Sewaktu-waktu terjadi masalah kesehatan saat menuju atau berada di kampung halaman, peserta bisa berobat disana tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat. Pastikan kartu kepesertaan aktif sebelum berangkat mudik," pungkasnya. Best Profit

Go Back

Comment

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.